Home » Petunjuk Penulis

Petunjuk Penulis

Petunjuk Untuk Penulis

  1. FARMASAINS menerima tulisan ilmiah berupa hasil penelitian, survey, telaah pustaka, obituary atau review yang erat kaitannya dengan bidang kefarmasian, yang belum dan tidak akan diterbitkan di media lain.
  2. Naskah yang dimuat dalam FARMASAINS adalah hasil seleksi Dewan Redaksi.
  3. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia baku atau bahasa Inggris dengan huruf Arial 11, disusun sistematik dengan urutan:
    a. Judul dengan huruf kapital, singkat dan jelas mencerminkan isi tulisan, tidak lebih dari 15 kata (bahasa Indonesia) atau  10 kata (bahasa Inggris)
    b. Nama penulis tanpa gelar, diikuti alamat instansinya masing-masing dan sebutkan alamat korespondensi kepada penulis lengkap dengan alamat e-mai!nya. Apabila tidak berasal dari instansi yang sama, beri nomor dengan angka yang d-upper script pada akhir nama bersangkutan.
    c. Abstrak dalam bahasa Inggris bila tulisan berbahasa Indonesia atau abstrak bahasa Indonesia bila tulisan dalam bahasa Inggris, maksimum 200 kata, lengkapi dengan kata kunci (keywords) 2-5 kata.
    d. Pendahuluan, terdiri dari: latar belakang, teori yang mendasari penelitian dan tujuan penelitian.
    e. Metodologi, terdiri dari: alat dan bahan yang dipergunakan dalam penelitian, serta jalannya penelitian.
    f. Hasil dan pembahasan
    g. Kesimpulan
    h. Ucapan terima kasih (acknowledgement).
    i. Daftar Pustaka
    j. Untuk naskah telaah pustaka dan sejenisnya sesuaikan dengan aturan penulisan jenis tulisan tersebut.
  4. Cara penulisan:
    a. Naskah diketik 2 spasi tidak bolak balik, pada kertas HVS A4 dengan margin atas 4 cm, bawah 3 cm, kiri 4 cm, kanan 3 cm minimum 8 halaman, maksimum 14 halaman sudah termasuk gambar/foto atau tabel.
    b. Tabel harus utuh, jelas terbaca, dibuat dengan format tabel pada Microsoft Words, diletakkan simetris di tengah area pengetikan, diberi judul dan nomor tabel dengan angka Romawi besar (I, II, III… dst.).
    c. Gambar buat dengan format JPG, JPEG atau BMP, atau format Microsoft Excel / scatter plot untuk grafik, dengan ChemWin untuk struktur bangun senyawa kimia, disisipkan langsung dalam naskah atau dikirimkan tersendiri dalam file terpisah dengan keterangan yang jelas. Beri judul dan nomor dengan angka arab (1,2,3,… dst.). Urutan nomor berlanjut tanpa membedakan jenis gambar. Termasuk ke dalam kategori gambar: grafik, struktur bangun senyawa kimia, foto, bagan, dll.
    d. Persamaan matematis, persamaan reaksi dan sejenisnya diberi nomor pada ujung kanan area pengetikan. Urutan penomoran berlanjut tanpa membedakan jenis persamaan.
    e. Rujukan pustaka dalam naskah diacu langsung dengan menyebut nama penulis diikuti tahun. Susunan daftar pustaka diurut secara alfabetis. Urutan penulisannya:
    i. Buku: nama pengarang (sebutkan semua), tahun, judul buku (diketik miring), vol/edisi, penerbit, kota terbit, halaman. Bila ada editor atau penerjemah tulis “Editor” atau “Penerjemah” setelah judul buku diikuti nama editor/penerjemahnya.
    ii. Artikel dalam jurnal: nama pengarang (sebutkan semua), tahun, judul artikel, nama majalah/jurnal (diketik miring), edisi/vol/nomor, penerbit, kota terbit, halaman
    iii. Hindari rujukan dari konsultasi pribadi, koran, tabloid dll.
  5. Naskah yang diterima akan dikoreksi, diberi catatan dan dikembalikan kepada penulis untuk direvisi, selanjutnya dikirimkan kembali dilengkapi dengan disket/file utuh, untuk diterbitkan.